Kembalinya Hagia Sophia

Hagia Sophia (dibaca: Aya Sofya) adalah suatu bangunan bersejarah di Turki, yang telah melewati 15 abad dan menjadi saksi sejarah berlangsungnya transisi Konstantinopel yang kini di sebut Istanbul, yang telah melewati 4 fase kekuasaan di mulai dari Pagan, Kekaisaran Byzantium (penganut katolik ortodoks), Kesultanan Ottoman (Utsmaniyah) sampai kini di era Turki Modern. Posisi Hagia Sophia di 4 fase ini tergantung siapa yang berkuasa di Istanbul.

Hagia Sophia

kenapa tetiba saya menulis tentang hagia sophia, ini berkenaan hari minggu kemaren kami belajar tentang Infografis, bersama coach Ria Kurniasari., pemilik website momsodell.com.  Nah kami ditugaskan membuat sebuah artikel yang ada infografis didalamnya. 

Entah mengapa tepatnya tadi malam saya bermimpi tentang mesjid hagia sophia, maka timbullah ide menulis tentang kembalinya Hagia Sophia.

Sedikit cerita pada zaman nabi, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam mengirim surat kepada solidus of emperor heraclius yang pada saat itu menguasai konstantinopel pada tahun 610-640 Masehi mengajak beliau untuk memeluk islam. 

Selain itu Muhammad al-fatih juga pernah mengundang konstantinos paleologes untuk menyerahkan konstantinopel tanpa peperangan tapi mereka memilih perang hingga pada akhirnya dimenangkan Muhammad al-fatih.

Selayaknya sebuah bangsa yang telah ditakhlukkan dalam peperangan maka mereka menyerahkan kehormatannya yaitu hagia sophia.

Sejarah hagia Sophia


Jumát, 10 juli 2020 menjadi hal yang paling mengembirakan umat muslim di seluruh dunia karena  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, secara resmi mengumumkan pengalihfungsian hagia sophia kembali menjadi mesjid, dan menyatakan bahwa hagia sophia resmi dibuka menjadi tempat ibadah umat muslim.  

Hal ini disampaikan setelah  beberapa jam yang lalu pengadilan membatalkan keputusan pada tahun 1934 yang mengubah hagia sophia yang awalnya mesjid di era otoman menjadi museum.

Walau Hagia Sophia teah menjadi mesjid tapi sama dengan mesjid yang lain yang ada di turki hagia sophia akan terbuka untuk semua, penduduk setempat atau orang asing. 

dari berbagai daerah bahkan negara orang-orang berkumpul untuk sholat jum'at di mesjid Hagia Sophia, 1000 orang boleh masuk dengan protokol kesehatan dan pemeriksaan keamanan. selain didalam banyak juga orang yang sholat diluar mesjid hagia sofia.

bendera Indonesia juga terpampang disana, dibawa oleh mahasiswa Indonesia yang berada di Turki dan ikut sholat disana. mereka ikut merasakan harunya bagaimana detik-detik pengumuman peresmian hagia sofia menjadi mesjid kembali setelah 86 tahun.

dari infographic diatas, teman-teman bisa melihat dengan jelas sejarah Hagia Sophia mulai dari awal dibangun hingga menjadi mesjid. Perjalanan panjang yang dilalui dengan penuh strategi dan kesabaran yang luar biasa.

oya pada masih ingatkah sajadah kita sekitar tahun 1940-1990an, dirumah saya masih ada sih. Gambar mesjid di sebelah masjidil Haram adalah Hagia Sophia. Hal ini dikarenakan pada saat itu hagia sophia sudah menjadi museum dan ini salah satu upaya yang dilakukan agar umat muslim ingat bahwa hagia sophia adalah mesjid.

mungkin karena itu ketika hagia sophia menjadi mesjid kembali kita merasa tidak asing sebagai umat muslim, bahkan sangat gembira, entah siapa yang mendesain sajadah tersebut. Namun tidak hanya tersebar di Indonesia tapi juga diseluruh dunia bahkan sampai maroko.

demikianlah ulasan tentang kembalinya Hagia Sophia hal ini saya kutip dari beberapa data yang paling banyak dari website hagia sophia sendiri.

baca juga: membaca  memoar.


salam sehat ^_^

21 comments

  1. Membaca sejarahnya memang panjang ya hingga Hagia Sophia kembali menjadi masjid seperti saat ini. Semoga ini menjadi terbaik bagi Muslim di seluruh dunia. Menilik perjalanan panjang yang dilalui dengan penuh strategi dan kesabaran yang luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ya, akhirnya Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Pas tahu berita ini rasa terharu ��.

    ReplyDelete
  3. He em kak, senangnya bikin terkagum-kagum yang membuat perasaan hati ingin berkunjung ke sana. Semoga ada kesempatan ke Hagia Sopia

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget Hagya Sophia, kembali diaktifkan sebagai mesjid seperti di masa pemerintaham Utsmani dulu.

    ReplyDelete
  5. Infografisnya kece badai. jadi makin mudah memahami sejarah hagia shopia. Mantap banget kak. Teraplikasikan ilmunya.

    ReplyDelete
  6. Barakallah.. Dari kemarin aku ngikutin berita ini. Takjub liatnya. Semoga bisa jadi tanda kebangkitan muslim di dunia.
    Eh iya, infografis nya kece lho

    ReplyDelete
  7. Setahu saya sejak awal dibangun untuk gereja deh, karena itu banyak mozaik dan relief yang menggambarkan kekristenan.
    Jadi aneh aja kok kembali jadi Masjid
    Ah jadi penasaran pingin cek ulang

    ReplyDelete
  8. Perpaduan arsitektur eropa di bangunan hagai sophia..mgkin krn letak geografis turki berdekatan dgn eropa ya?

    ReplyDelete
  9. Sejarah hagia sophia ini memang menarik untuk disimak ya mba, apalagi lihat sendiri bangunan arsitekturnya yang luar biasa indah bikin berdecak kagum

    ReplyDelete
  10. Ulasannya lumayan lengkap, jadi semakin tahu sejarah hagia sophia. Pas lihat ribuan orang sholat disitu, jadi merinding, bangga dan terharu.

    ReplyDelete
  11. Salah satu destinasi wajib bila ke Turki adalah bangunan bersejarah ini ya mbak :)
    Aku turut bahagia dengan adanya pengalihfungsian hagia sophia kembali menjadi mesjid dan dinayatakan resmi dibuka menjadi tempat ibadah umat muslim.

    ReplyDelete
  12. Iya nih lagi hapening tentang Aya Sofya ini hehe
    Saya penasaran sama kucingnyaaa hhaa

    ReplyDelete
  13. Masyallah Hagia Sophia menjadi mesjid lagi ya Mbak. Tapi bagaimana dengan "isi museum"-nya sebelumnya? Senangnya lagi karena setiap orang diperbolehkan untuk memasukinya, rumah Tuhan untuk semua makhluknya 😊

    ReplyDelete
  14. Aku taunya Hagia Sofya itu museum dulunya masjid yang jadi gereja. Wahh ternyata begitu sejarahnya..

    ReplyDelete
  15. Masya Allah yaa...akhirnya difungsikan kembali sebagai masjid. Semoga besokbesok ada kesempatan untuk traveling ke sana, melihat langsung yang namanya Hagia Sophia.

    ReplyDelete
  16. Wah lengkap banget kak sejarah nya! Aku bisa jadikan acuan untuk main ke sana insyaAllah taun depan! Taun ini gagal totaaal karena pandemi. Doakan taun depan semua normal kembali ..

    ReplyDelete
  17. Aku baca artikel ini sambil sesekali membayangkan sajadah jaman dulu. Alhamdulillah.. Fungsi yang sesungguhnya sudah kembali lagi. Aku suka banget nih baca cerita kayak gini.

    ReplyDelete
  18. Iya, sajadah yang bergambar dua masjid. Aku pernah melihatnya di sajadah nenek. Ternyata begitu ya ceritanya. Semoga suatu saat aku bisa salat di Masjidil Haram dan Masjid Aya Sofia.

    ReplyDelete
  19. Iya, sajadah yang bergambar dua masjid. Aku pernah melihatnya di sajadah nenek. Ternyata begitu ya ceritanya. Semoga suatu saat aku bisa salat di Masjidil Haram dan Masjid Aya Sofia.

    ReplyDelete
  20. Keren banget cerita Hagia Sophia. Aku kenal mesjid ini semenjak 99 cahaya di negeri eropa. Cuma ga kebayang sama sekali kalau sekarang bakal dibuka lagi jadi mesjid.

    ReplyDelete
  21. Menarik sekali ya sejarahnya, aku juga baca alasan kenapa akhirnya Haghia Sopia kembali jadi mesjid, salah satunya karena politik. Presiden Erdogan mencoba untuk menarik simpatik umat muslim dunia dengan dikembalikannya fungsi Haghia Sophia menjadi mesjid, kabarnya untuk menutupi kegagalan rezim pemerintahannya. Kurang lebih kayak gitu aku baca. Wallauhualam.

    ReplyDelete