5 TAHAPAN BELAJAR MENAIKKAN DA BARENG TEMAN



menaikkan DA


Belajar Menaikkan DA atau disebut Domain Authority merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi traffic dan ranking website, sebagai acuan rujukan bagi mesin pencari atau pengguna. 

Biasanya para blogger menganggap ini sangat penting karena merupakan suatu tanda seberapa kuat domain website yang ia punya dan salah satu penentu google memberikan page rank terhadap website, dan sering menjadi salah satu syarat job placement. 

Ranking DA  itu sendiri berkisar antara 0-100, semakin tinggi semakin bagus, hanya saja banyak yang kurang mengerti bagaimana cara kerjanya DA dalam hal mempengaruhi website kita. maka dari itu kita akan membahasnya.

baca juga: kenyamanan sikecil kenyamanan ibu

5 TAHAPAN BELAJAR MENAIKKAN DA


Pada akhir juni sekitar tgl 29 juni 2020 saya dapat pesan bahwa saya diterima masuk kelas menaikkan da yang pernah saya daftar, tidak hanya sampai disitu tentu saja di pesan tersebut disampaikan ketentuan yang harus saya penuhi jika ingin lanjut bergabung di kelas belajar menaikkan DA, jika saya tidak dapat menyanggupinya saya boleh membatalkan ikut kelas tersebut, dan saya memilih ya, saya menyanggupi ketentuan tersebut.


1. Memperbaiki dan menghapus Broken Links

awal mula masuk kelas kami masing-masing peserta disuruh cek keadaan blog kami,
"Ibarat blog sebuah rumah,maka jangan hanya ditempati saja, kalau ada genteng rusak, atap bocor, yah dibenerin #Materi Genteng Bocor" by. Coach Irwin.
itu yang dikatakan coach irwin kepada kami. Maka dari itu setelah masing-masing mengecek, dapat shock terapi masing-masing, dengan agak-agak terkejut, setelah selama ini dikira baik-baik saja nyaman-nyaman aja, ternyata rumahnya pada rusak, banyak hal yang harus diperbaiki terutama yang terjadi pada rumah saya yang selama ini bernaung 😁

Maka dari itu jika ada broken links sebaiknya diperbaiki dan jika tidak bisa dipertahankan maka dihapus. Jadi, mari kita bersih-bersih.


2. Membuat konten berkualitas

kami dibimbing beberapa coach, yaitu coach pewe, coach irwin, coach baim, coach ria dan coach ilham sadli

coach ilham sadli merupakan seorang CEO dari growthing, pria kelahiran lombok yang sekarang berada di Jember, mengajarkan kami tentang prinsip suatu judul artikel. Karena banyak orang hanya membaca judul saja, dari judullah orang tertarik untuk membaca isi. 

setelah mendapatkan judul yang pas, maka isi harus sesuai dan relevan setidaknya tidak membuat pembaca kecewa, lebih bagus lagi jika ada manfaatnya.


3. Menerapkan teknik SEO 

seperti artikel belajar SEO yang telah saya bahas,  SEO on page itu berupa optimasi website kamu dari segi server, platform cms, konten, navigasi & struktur situs, serta kecepatan loading, sedangkan off page yaitu membangun link, promosi di media sosial dan menciptakan branding.

4. Belajar Bareng Teman Menaikkan DA

Seperti yang saya ceritakan pada artikel belajar SEO maka kelas kami mempunyai aturan yang unik, untuk bisa dapat lanjut ke kelas berikutnya, kami harus kompak, saling belajar dan saling crosscheck. Nah, disini saya akan bercerita tentang dua orang teman saya yang kami sama-sama belajar di kelas menaikkan DA.

di kelas belajar menaikkan DA, saya belajar bareng blogger dari berbagai daerah.  Berasal dari pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera, bahkan coachnya ada yang berasal dari Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan serta Jawa dan Jakarta. setelah 3 minggu kami belajar di kelas menaikkan DA, tersisalah 18 orang wanita tangguh yang terdiri dari 17 emak-emak yang sering dikasih istilah ganda campuran oleh para coach dan 1 wanita single. Nah diantara mereka semua saya akan bercerita dan mengulas 2 diantara teman saya tersebut.

Lasmicika.com

 belajar menaikkan DANama pemilik website Lasmicika.com  ini adalah mba lasmi, alasan dia memberi nama tersebut adalah berasal dari namanya lasmiati dan cikadu yang merupakan desa tempat kelahiran beliau, dalam web tersebut anda dapat melihat artikel-artikel yang membahas tentang kecantikan, fashion, review dan lainnya. 

Pembahasan tersebut berdasarkan dari pekerjaan mba lasmi yang pernah bekerja sebagai quality control di salah satu pabrik garmen di Bandung, mba lasmi juga berprofesi sebagai penjahit, pemilik Wediding Organizer dan Make Up Artist (MUA), sungguh sangat bertalenta sekali, banyak bakat dan profesi yang pernah dijalani. mba lasmi mempunyai hobby membaca dan menulis, selalu membagikan pengalamannya di Lasmicika.com   dimulai dari tahun 2017 memasuki dunia blogger dan oktober 2018 website beliau sudah TLD. 

Awalnya beliau menulis untuk curhat dan berbagi pengalaman, siapa tahu ada yang membutuhkan karena zaman sekarang semua nyarinya di internet tanya sama om google, begitu obrolan kami dengan mba lasmi. Tapi setelah bergabung dikelas DA beliau ingin serius didunia blogger ini.

Alasan beliau masuk kelas DA awalnya hanya ingin naikin DA dan ingin mengetahui seluk beluk blog, ternyata yang didapat banyak banget. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam blog bukan hanya sekedar menulis.

Rame, seru, interaktif dan respon cepat dari coach, merupakan kesan yang didapat mba lasmi dalam kelas menaikkan DA, maka dari itu mba lasmi memberikan tips jika ada yang mau belajar dan ikutan 
siap-siap melek dan ijin jauh-jauh hari sama suami, karena mba lasmi siang kerja full jadi malam waktunya dipakai buat ngerjain tugas.

Mba lasmi sangat bersyukur mendapat dukungan penuh dari suami, karena yang mba lasmi lakukan adalah hal yang positif. Demikian cerita saya tentang mba lasmi, kita lanjut ke teman saya berikutnya ya 😉

Ceritabunda.com

Qoty intan zulnida nurunnisa merupakan pemilik website Ceritabunda.com, yang banyak membahas tentang pola asuh. Jadi tujuan mba qoty menulis adalah berbagi cerita tentang dunia ibu-ibu dan home education yang mba qoty jalani terhadap kedua putranya.

mba qoty dari jaman masih sekolah sudah suka menulis, kebetulan mba qoty bersekolah di pondok pesantren. sesuai dengan mata pelajaran yang disukai yaitu bahasa indonesia bagian mengarang dan menulis berita.

Semenjak kuliah mba qoty sudah ikut pelatihan jurnalistik dan bergabung di FLP ciputat, kemudian berhenti di semester 7 karena beliau menikah.

Semenjak menikah tahun 2011 mba qoty mulai jarang menulis, hingga pada akhir tahun 2017,  ikut training cerita anak dan menerbitkan buku antologi, dan mulai ikut beberapa event menulis mulai dari artikel, puisi, cerpen, reportasi hingga novelisasi skenario, oya mba qoty pernah ikut writerpreneur yang diadakan Bekraf di Madiun. Paket komplit yaa..waah saya jadi pingin belajar sama mba qoty😍

meningkatkan domain authorityTahun 2018 akhir,  mulailah mba qoty bikin blog ceritabunda.com dan mulai TLD pada bulan september setelah ikut training blog advance di JA.

Setelah mba qoty melalangbuana mengikuti berbagai training kepenulisan dan komunitas, beliau merasa dunia blogger adalah dunianya yang membuat  bahagia, karena bisa berbagi pengalaman serta ilmu dan bermanfaat, sampai pernah ada karena baca artikel yang ditulis  diblog, mba qoty di wapri dan di dm, untuk ditanya lebih lanjut mengenai tulisannya. disitulah mba qoty menemukan kebahagiaan yang luar biasa.

Alasan mba qoty ikut kelas menaikkan DA agar DA meningkat, sewaktu Moz belum merubah alqoritmanya, DA ceritabunda.com mencapai belasan , tapi karena ada perubahan dari Moz DA menjadi turun. Tapi semenjak ikut kelas ini DA mba qoty pun naik lagi.

Mba qoty sangat senang karena banyak banget yang didapatkan dari kelas ini. Nambah teman dan sahabat baru. Nambah ilmu, terutama ilmu oprek daleman blog dan SEO. Meskipun bagi kami isi kepala emak-emak  yang agak kepenuhan ini masih ada juga yang belum kami  mengerti, yaa, kami coba pahami pelan-pelan. bagi mb qoty kelas ini adalah kelas yang memecut semangat, karena kalau tidak ikut kelas seperti ini kami tidak bergerak-gerak hanya diam ditempat. itulah obrolan saya dengan mba qoty.

5. Jangan Malas, Rajin, Tekun dan Berusaha serta berdoa.

belajar dikelas ini kita tidak boleh malas, kalau masih mau bertahan, rajin belajar dan mengoprek website kita, kita harus tau seluk beluknya apa kekurangannya dan dimana masalahnya, harus bisa juga memperbaikinya sehingga menjadi bagus dan nyaman dilihat. untuk itu semua tentu kita harus tekun, berusaha belajar, mencoba dan berlatih tak lupa pula selalu berdoa.

demikian 5 tahapan belajar menaikkan DA Bareng teman, oya bagi teman-teman yang pingin belajar SEO, ada nih workshop yang keren banget dan recomended, secara pembicaranya yang sudah sering berkecimpung dalam dunia SEO, kelas gratis aja keren apalagi berbayar, buruan daftar mumpung ada diskon, langsung klik saja gambar dibawah ini.
belajar meningkatkan DA

nantikan cerita saya selanjutnya, semoga bermanfaat.

wassalam.

Tags: Cara Menaikkan DA, belajar







55 comments

  1. Mantap.... Ilmu baru bagi ku ini 😎

    ReplyDelete
  2. masih pemula sih klo aku,,,baru punya DA 7 kak...blog jg umurnya blm 1 thn...apakah itu termasuk baik atau pertumbuhan DA nya lambat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih pertumbuhannya bagus banget secara baru 1 tahun

      Delete
  3. Daku pun juga mengalami itu kejadian yang tadinya DA 20 eh perubahan itu pun melengserkannya, tapi daku harus SemangatCiee menaikkan DA ... Yeeeyy

    ReplyDelete
  4. Seneng kalo bisa ikut kelas yang menambah ilmu blogging kayak gini.
    Aku dulu ga merhatiin DA, ga diperhatikan ternyata gede juga, sekarang malah turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. g diperhatiin aja gede, apalagi diperhatiin ya.

      Delete
  5. Wah .. ternyata multitalen banget nih mba qoty dan mba lasmi... Semangat terus mba naikin DA nya..

    ReplyDelete
  6. Dua duanya ok. Saya jd ingin belajar juga, dan harus belajar sih, soalnya seo dan da masih jauh dr bgs hehe
    Tq sharingnyaa

    ReplyDelete
  7. Saya belum rajin menghapus brokenlink nih. Walaupun saya melakukannya tapi baru setiap sebulan sekali saja.

    Banyak sekali yang perlu saya pelajari ternyata untuk bisa menaikkan DA saya.

    ReplyDelete
  8. Bersyukur banget bisa ikutan kelas ini, alhamdulillah dapat materi, temen dan DA berhasil naik dengan drastis.

    ReplyDelete
  9. Wah, semangat belajar ya. ilmunya bagus banget buat para blogger. akupun masih belajar.

    ReplyDelete
  10. Mba, cek brokenlink biasanya pake apa toolsnya? Aku masih meraba-raba nih soal SEO on page, pengen ikutan deh kelas kaya dirimu. Perlu budget berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake seometa mba,itu ada jagoseo 300ribu aj mba tinggal klik gambar dah bs langsung wa ke coach pewe.

      Delete
  11. ngebersihin broken link nih yang sekarang jadi pekerjaan rumah
    Mungkin jika sudah selesai, DA saya agak naik ^^

    ReplyDelete
  12. Kak! Makasih banyak sharing nya! Kini aku tahu gimana cara cepat naikin DA dari terakhir ini turun 5 donk 😭 mo nangis! Have a good day! -sofiadewi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok semangat mba sofia...kita semangat perlahan lahan kita naikkan.

      Delete
  13. Mantap, bisa kau praktekin ni...
    Makasih sharingnya ya kak

    ReplyDelete
  14. Aku sampai sekarang masih belum tahu cara memperbaiki dan menghapus Broken Links. Padahal ini penting banget ya. Jadi pingin belajar dan ikut kelasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok mba belajar, bermanfaat sekali ini.

      Delete
  15. Sangat bermanfaat untuk para blogger atau yg memulai membuat konten dan menambah ilmu baru dengan 5 tips cara cepat menaikkan DA

    ReplyDelete
  16. Lain kali saya mau aah ikutan kelas naikin DA kaya gini, kalau otodidak ilmunya lama nambahnya hihi

    ReplyDelete
  17. DA jadi momok banget di kalangan blogger yaa...
    DAku belum naik-naik lagi nih, sediiiih T.T
    #ehnumpangcurhat

    ReplyDelete
  18. Waaah, seru banget pasti ini kelasnya, ya, Mba? Dan belajar bareng teman-teman tentu akan semakin bikin kita semangat. Ah, jadi pengen deh aku join kelas ini, DA ku dulu sempat di 43 jaman belum ada klasifikasi web dan blog, lalu terjun bebas ke 25, sekarang mentok di 23-24. Huhu, semoga dia tidak turun jauh lagi... udah lama pula enggak ngeblog.

    Ah, jadi pengen join kelasnya aku, Mba. Thanks for inspirasinya ya.

    Btw, ini kok ga ada opsi komentar for Username/URL ya? Jadi report juga kalo blogwalking dari HP. Kudu login ke akun gmail yang blogger deh. Huhu

    ReplyDelete
  19. waw sampe 43 mbaaa banyak banget semangat semoga bisa mencapai 43 lagi bahkan lebih, makasih mba udah dikasih tau, udah aq benerin biar semua bisa komentar tanpa login.

    ReplyDelete
  20. Struktur blogq masih acak-acakan mbak, mesti banyak uang dibenahin lagi ini.

    ReplyDelete
  21. sering dengar nama Ilham Sadli. blogger FLP kan ya. PR awak banyak ini buat DA naik. makasih kak untuk pengingatnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener mba, emang terkenal itu, influencer. apalagi di twitter

      Delete
  22. Sangat bagus dan bermanfaat bagi para blogger dan membuat Saya menjadi tau tahapan apa saja untuk menaikkan DA

    Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Sangat bermanfaat bagi fara blogger dan buat saya tau tahapan apa aja menaikkan DA .. wah.. mantap ya

    ReplyDelete
  24. Naini, aku juga lagi galau pa da tiba tiba anjlok. Makasi banyak kiatnya mba bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sm2 silahkn dicoba atau bisa ikut kelas seo.

      Delete
  25. Aku bahagia banget ikut kelas ini mba, akhirnya DA ku naik. Senangnya hatiku

    ReplyDelete
  26. Mak Sisil, ayoklah buka pelatihan buat anak blogsum.. kan ada kak Yanti juga sama kak Dyah.. hiksss pengen...

    ReplyDelete
  27. Gak bisa dipungkiri kalo DA jadi salah satu yang terpenting dalam dunia blog. Jadi nambah ilmu lagi, masih awam soalnya.. hehe... Share terus ilmu bermanfaat nya yaaa kak sil...

    ReplyDelete
  28. Sil, kk yg blom paham di SEO on Page ttg Platform CMS dan struktur situs. Struktur situs sm gak sm optimasi tag heading ya

    ReplyDelete
  29. kadang utk nulis ada saat rajin ada saat rajin. gmn supaya konsisten mbk darina?

    ReplyDelete
  30. Gimana ya cara naikinnya kan

    ReplyDelete
  31. Saya juga sedang dalam usaha menaikan DA, dulu tanpa di utak-utik DA nya sudah 12.

    Eh belakangan ini merosot jauh jadi 8

    ReplyDelete
  32. mas Ilham Sadli, mba Qoty Intan, satu grup WAG sama saya juga. hehehe
    walaupun blom pernah ketemu, tapi kita rutin ngelist dan blog walking ke blog masing-masing

    ReplyDelete