Bolu Toba Oleh-Oleh Kota Medan

hai teman-teman pada suka bolu kan, dari kecil bolu ini sudah sering kita kenal, kita makan bahkan kita sebut-sebut...biar kita sepemikiran bolu yang aku maksud apa, ini pengertian bolu menurut kamus besar bahasa indonesia bolu adalah kue yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, dan sebagainya biasa dipanggang atau juga ada yang dikukus disebut bolu kukus.

menurut sejarah bolu itu ternyata bukan berasal dari indonesia dan bukan makanan yang berasal dari indonesia lo, kata bolu sendiri berasal dari bahasa portugis, yakni bolo yang artinya cake dalam bahasa inggris, dan dalam bahasa indonesia sama dengan arrti yang aku sebutkan diatas tadi menurut kamus besar bahasa indonesia. bolu ini sendiri memiliki ketahanan yang cukup lama. kalau dipanggang memiliki ketahanan kurang lebih 5 hari, sedangkan dikukus bisa tahan 2-3 hari. nah dari segi ketahanan ini bolu sering dijadikan buah tangan atau oleh-oleh jika kita mengunjungi suatu tempat.

pas banget kan sebentar lagi kita lebaran, kita sambut lebaran idul fitri dengan gembira walau lebaran kali ini mungkin berbeda seperti hari biasanya, kita tau lah ya tahun ini tahun kedua kita tidak boleh kemana-mana tidak boleh mudik, tapi jangan sedih teman sebagai pelipur lara kita bisa tetap silahturahmi walau hanya dari media online, buah tangan atau oleh-oleh jangan lupa kita kirimkan dari kota asal yang kita tempati, agar lebaran kali ini tetap kita rasakan dengan penuh gembira dan semangat.

bolu toba
Store Bolu Toba Medan


kebetulan banget kan aku tinggal di sumatera utara tepatnya di kota medan, dan kami punya bolu yang namanya unik cuma ada didaerah kami dan sebagai ciri khas, kamu tau kan sumatera utara terkenal dengan danau tobanya, nah berasal dari nama tersebut di kota kami ada bolu toba sejak tahun 2018, tidak perlu beli sampai ke danau toba bolu toba ada di kota medan di jl. Jl. K.H. wahid hasyim No.55, Babura, Kec. medan baru, kota medan, sumtera utara 20154. 

dan Tersedia juga di BT Batik Trusmi Medan Jl. Pangeran Diponegoro No.20B, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151.pada heran yaa kenapa bolu toba ada di batik trusmi, karena pemilik BT Batik Trusmi cirebon yang punya Bolu Toba Medan yaitu bapak ibnu rianto.

 selain itu ada juga Bolu Toba Medan Keliling (Mobil) yang jika kamu beruntung kamu bisa menemuinya dimanapun.

 bagi kamu-kamu yang berada diluar medan bisa order langsung on the road, infonya pantengin terus di IGS official BTM (Bolu Toba Medan).

bolu toba medan mempunyai keunikan tersendiri dari segi nama setiap jenis varian bolunya punya nama seperti nama jalan atau tempat di daerah kota medan. 

pancing hazelnut tiramisu, 
titi kuning cheese, 
japaris durian, 
kampung keling tiramisu,
coklat padang bulan, 
banana simpang jodoh cake (banana simpang jodoh chocolate, banana simpang jodoh cheese), 
spikoe 
bolu gulung tiga rasa (chocolate, tiramisu dan cheese).

bolu toba ini halal, jadi insyaallah aman ya buat teman-teman yang ingin mencoba bolu toba dan menjadikannya cemilan sehari-hari tidak perlu khawatir lagi, karena bagi kita kehalalan itu adalah hal utama dan sangat penting.

jadi kemarin dikala medan sedang dilanda hujan, udara dingin sehingga membuatku berpikir untuk berbuka dengan yang lembut, manis dan gurih dan tahu makanan apa yang ku pikirkan yaa..bolu toba medan ini, langsung la saya meluncur ke tempat terdekat dari rumah saat itu bolu toba di jl. kh. wahid hasyim sampai sana prediksiku bakalan sunyi karena hujan, oh ternyata tidak ternyata rame euy, tapi tetap melakukan protokol kesehatan dengan masuk bergantian dan antri teratur.


ketika tiba giliran aku masuk, langsung lah mata ini keliling melihat sekitar dalam toko, dan baru tau ternyata di dalam toko bolu toba medan tidak hanya menjual bolu tapi ada pernak-pernik oleh-oleh lain seperti tas, kaos, makanan ringan lain seperti kerupuk, dan lainnya.

                                        

setelah lihat kesana kemari, akhirnya giliran saya mendapatkan posisi didepan untuk memilih bolu toba yang aku inginkan. rata-rata harga bolu di bolu toba ini Rp. 59.000,. kamu sudah dapat 1 kotak bolu toba. jika kamu tidak membawa uang cash kamu bisa bayar pake  qris. kamu tau kan klu ada aplikasi qris kamu bisa bayar dengan apa saja uang elektronik yang kamu punya. jadi tidak perlu khawatir jika tidak bawa uang cash. 


yeay...akhirnya saya sudah dapat bolunya ini dia..

begitu sampai rumah, ga sabar dong buka bunkusan bolunya, ini dia : pertama-tama aku nyobain pancing hazelnut tiramisu, bolu toba ini rata-rata bentuknya kotak ya teman-teman, ini unik sih jarang-jarang bentuk korak persegi panjang gini seperti kolam ^_^ 


rasa bolunya lembut banget, aku suka tiramisu manisnya pas, toppingnya bisa dilihat sendiri dari foto melimpah, bnayak banget itu bahkan menurutku berlebih. rasa tiramisunya kerasa banget, hazelnutnya apalagi, bersatu padu didalam mutlut dengan kelembutan bolunya.

yang kedua aku nyobain pancing hazelnut oreo, dipinggiran bolunya ada motifnya gitu warna coklat motifnya mirip kulit harimau garis-garis gitu, diatasnya ada ovomaltine yang crunchy plus taburan biskuit oreo yang telah dihancurkan, kebayangkan gimana manisnya, bolu toba ini terdiri dari 2 layer yang disatukan dengan krim yang lembut dan manis. duh apalagi dimakan dingin soalnya aku suka banget dingin-dingin kulkas gitu, kerasa nikmatnya.


yang ketiga aku nyobain bolu toba spikoe, kirain bolu ini ditaburin spikoe, ternyata ngga, ini merupakan bolu gulung dua topping dengan topping cokelat dan keju yang bersebelahan didalam satu bolu, tapi ada yang berbeda dengan bolu ini, bolunya rasa spikoe, rasa spikoe itu adalah rasa kayu manis, aromanya terasa banget tidak hanya aroma tapi rasanya spikoe banget, saya ngerasanya unik sih dan pas dengan topping coklat dan keju.

yang terakhir bolu gulung tiga rasa, ini bolunya sama dengan yang lain bolu biasa, hanya saja ada 3 topping didalamnya yaitu cokelat, tiramisu dan keju. bagi kamu yang mau nyobain 3 rasa bolu sekaligus tidak perlu beli satu satu kan lebih hemat kalau mau beli bolu tiga rasa ini, 


emang sih belum semua dicobain tapi dengan nyobain beberapa bolu toba aja udah mewakili banget kalau bolu ini lembut, ada creamnya, toppingnya berlimpah dan kerasa banget, selain itu bisa tahan lama dan jika disimpan di kulkas bolunya tetap lembut ga keras, dan yang penting saya suka banget,. selanjutnya bakalan nyobain varian rasa yang lain, dan yang paling penting kamu tidak bisa makan bolu ini sendirian teama, wajib bareng teman-teman kamu atau keluarga kamu karena makan bareng itu lebih nikmat dibanding makan sendiri,.

langsung deh kepoin instagramnya @bolutobamedan 

atau kamu bisa datang ke storenya jl. Jl. K.H. wahid hasyim No.55, Babura. Medan.







8 comments

  1. Namanya unik-unik ya Mak.. pasti ini rasanya juga enak banget. Ngeliat bolu gulung 3 rasa nya bikin selera banget nih..

    ReplyDelete
  2. Buat nagih nih kak, saya mau beli lagi buat oleh oleh ke kampung. Yg paling suka, selain bolu gulung 3 rasa, titi kuning cheese nya enak bgt

    ReplyDelete
  3. Bolu Toba Medan bisa dibayar dg scan QRIS aja ya Sil,, jd lebih praktis. Kalau kk dan anak-anak fave banget sama Spiko yg topping coklat, wuihh melimpahhh

    ReplyDelete
  4. enaknya kalau belanja disini gak harus pakai uang cash, bisa banyak metode bayar. gak hanya jual bolu, banyak pilihan lain yg bs dijadikan oleh2. pas bgt nih buat yg mau mudik2

    ReplyDelete
  5. Wah jadi tau ini sejarahnya bolu etapi aku juga suka lho bolu Toba Medan, enak banget rasanya

    ReplyDelete
  6. Bener bentuknya unik, biasanya kan bolu bentuknya bulat, ini kotak dan kaya kolam hihihi
    Btw penasaran banget sama bolunyaaa

    ReplyDelete
  7. Blom pernah beli bolu yang bayarnya cukup discan pake QRIS aja, wkwk. Mantap ini Bolu Toba Medan mah..

    ReplyDelete
  8. Kirain jual bolu aja ternyata di bolu toba medan juga menjual pernak-pernik oleh-oleh lain seperti tas, kaos wii keren..

    ReplyDelete