Tips Mencegah Corona Pada Ibu Hamil


Kesehatan sangat penting untuk kita semua, apalagi dimasa pandemi ini, kita harus benar-benar mempunyai pola hidup sehat dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Maka dari itu ibu hamil harus tetap semangat sehat dan kuat menghadapi pandemi corona ini.

Di masa-masa pandemi yang sedang menghampiri seluruh penduduk bumi, kita harus tetap kuat, sehat dan optimis dalam menghadapinya, jangan menyerah dan putus asa. 

Apalagi ketika di masa pandemi ini kita dianugerahi rezeki yang sangat diidam-idamkan yaitu kehamilan, sungguh sangat membahagiakan ya.

Nah, seperti yang kita ketahui bersama, ibu hamil itu rentan terkena penyakit karena memiliki imunitas yang rendah. Maka dari itu di tengah  pandemi virus corona yang lagi menghampiri. Kita perlu tau tips mencegahnya, agar tidak terkena virus corona. Tahu kan akibatnya gimana kalau virus corona menyerang ibu hamil, bagi yang belum tahu silahkan baca: corona pada ibu hamil.

Berikut ini mari kita ulas tips mencegah corona pada ibu hamil:

A.pola hidup sehat

Pola hidup sehat itu bagaimana sih? Pola hidup sehat sebenarnya standart ya pada semua orang yang membedakannya untuk ibu hamil adalah ekstra hati-hati dan harus benar-benar dijaga ya untuk perawatan sehari-harinya.


1. Memakan makanan bergizi secara seimbang, proporsional dan penuh nutrisi. Karena ibu hamil            memerlukan lebih banyak protein, vitamin dan mineral. Maka dari itu berat badan ibu hamil                 diwajibkan naik setiap minggu atau bulannya.

  Jika mual, muntah dan tidak nafsu makan, pilihlah makanan yang tidak berlemak dalam porsi              kecil tetapi sering. Kalau bisa hindari banyak makanan berminyak. Contoh makanan yang                    bisa dimakan buah, roti, umbi-umbian.

Baca juga: hypermesis

 Untuk porsinya sendiri lebih baik sedikit-sedikit tapi sering yaa.. 

Kalau bisa minum air nabeez terlebih dahulu sebelum sarapan berat. Bagi yang belum tau apa itu air nabeez, sini saya kasih tahu.

Air nabeez itu adalah air rendaman bahasa kerennya infused water, nah di zaman rasulullah hal ini sudah dilakukan loh dan menjadi minuman kesukaan rasulullah saw, dengan merendam kurma atau kismis berdasarkan pengalaman saya, saya merendam 3, 5 atau 7 butir (dalam bilangan ganjil ya) kurma ke dalam segelas air lalu diminum dipagi hari dan daging kurmanya dimakan, bijinya di buang ya jangan di telan. Di tanam juga boleh mana tahu bisa tumbuh kan lumayan jadi punya pohon kurma.

Setelah makan kurma makan buah-buahan saya sih dulu sukanya makan pisang rebus lalu setelah itu 1 jam atau 2 jam kemudian makan umbi2an atau roti atau nasi.

2. Minumlah dengan porsi yang cukup setidaknya 10 gelas per hari. Dilarang meminum minuman yang banyak mengandung kafein seperti teh, kopi dan minuman bersoda dan alkohol.

3. Istirahat yang cukup
Tidur malam minimal 7 jam, tidur siang atau sekedar berbaring minimal 1-2 jam, biasanya posisi tidur ibu hamil sukanya miring sih kalau dulu saya sukanya tidur miring kekiri.
Jadi ingat, dulu kalau mau tidur atau lagi istirahat paling suka elus-elus perut bareng suami ajak ngobrol bayi didalam perut.

4. Melakukan olahraga, untuk ibu hamil bisa melakukan senam hamil sesuai anjuran petugas kesehatan ya.

5. jangan lupa
vitamin ya

B. Protokol kesehatan

1. Menjaga kebersihan diri
Rajin mandi 2 kali sehari, cuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan atau setelah memegang/menyentuh sesuatu.

2. Menyikat gigi dengan benar dan teratur minimal setelah sarapan dan sebelum tidur

3. Rajin cuci rambut minimal 2-3 kali dalam seminggu

3. Rajin ganti pakaian yaa setiap hari 

4. Kalau ada keperluan yang penting baru boleh keluar rumah itu juga harus pakai masker atau face shield, pakai keduanya juga boleh.

5. Jaga jarak, jangan kumpul-kumpul yaa..

Kalau ibu hamil lagi kontrol ke rumah sakit nih, pas lagi nunggu obat. Biasanya kan ngantri tu ya, nah biar tidak capek dan bosan nungguin dan juga demi keamanan bersama biar tidak kelamaan diluar. Sesuai pengalaman saya, biasanya suka ada counter atau meja khusus atau stand apapun itu istilahnya, nah disitu ada halodoc. Kita tinggal daftar disitu kasih resepnya, no tlp dan alamat kita. Nanti obatnya bakalan di antar ke alamat rumah kita dengan cepat hanya bayar 5000 rupiah murah banget kan. Kemaren waktu saya ambil resep dengan halodoc begitu sampai rumah obat saya pun sampai, aih senangnya, mudah cepat dan gampang.

Semoga tips ini bermanfaat bagi ibu-ibu yang lagi hamil, semoga kita semua sehat dan seluruh dunia terbebas dari pandemi corona ini ya..aamiin.



17 comments

  1. Keinget ada meme atau utas gitu yang bilang, "jangan hamil dulu saat corona" hiks, kasihan juga, terlebih pada pasangan yang udah lama mendambakan hadirnya keturunan. Memang jadinya lebih riskan untuk bumil kalau mau kontrol dsb, tapi tips di tulisan ini ngebantu banget para bumil agar tetap sehat selama mengandung. Ketjeh.

    ReplyDelete
  2. Duh bener bgt nih, dari pada harus ngantri obat mending ambil obat melalui halodoc ajah. Toh biayanya terjangkau kok hanya 5rb. Dengan begitu kita ga berlama-lama keluar rumah, makasih mbak tips'y.

    ReplyDelete
  3. Yang lagi ga hamil saja mesti hati-hati apalagi yang hamil ya, kak...ekstra hati-hatinya. Tips yang lengkap nih.
    Betul tuh di RS langgananku juga ada counter Halodoc di samping apotek RS persis. Kalau aku lagi anter Ibu Mertua periksa sudah aku serahkan saja resep ke mereka, karena kasihan kalau Ibu nunggu lama. Tinggal tunggu di rumah deh, bakalan diantar

    ReplyDelete
  4. Iya, kasian bgt denger ada bayi yg kena covid19. Artikel ini sangat membantu ya buat bu ibu yg sedang hamil. Harus disiplin dengan protokol kesehatan. 🙏😊

    ReplyDelete
  5. Aamiin...
    Disiplin pola hidup sehat dan protokoler kesehatan sudah tidak bisa ditawar lagi ya. Itu harus, kalau mau terhindar dari covid-19

    ReplyDelete
  6. Wah, benee noh semua orang terutama bumil mesti ekstra hati2 menjaga kesehatan. Protokol kesehatan jangan sampai terabaikan agar terhindar dr virus corona. Di Halodoc kita bisa tanya2 pada para dokter yg berkompeten ya jd praktis ga usah keluar rumah.

    ReplyDelete
  7. App halodoc banyak gunanya dalam hal kesehatan. Aku juga pasang di hp ku. Kepake banget waktu jelang puasa keluarga ada yang sakit. Artikel2nya juga sangat bermanfaat menambah pengetahuan tentang kesehatan. Sering aku baca.

    Moga sehat selalu buat bumil, jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  8. Masa pandemi gini, malah aku yang deg-degan tiap dapat kabar ada temen lagi hamil (atau hamil lagi). Semoga para bumil tetap sehat, tetap konsisten dengan protokol kesehatan.
    Wajib pakai masker kalo ke luar rumah, bawa hand sanitizer buat jaga-jaga.

    Btw, Halodoc-nya juga bisa dipakai buat ambil nomor antrean kalo mau ke dokter kan ya.

    ReplyDelete
  9. Bener-bener harus ekstra ya mba. Ibarat njagain dua nyawa kan pasti lebih-lebih berhari-hari. Semoga pandemi segera berakhir ya.

    ReplyDelete
  10. Hamil di tengah pandemi yang terus merebak memang perjuangannya luar biasa. Ada yang sampai takut mau kontrol ke RS demi proteksi diri karena salah satu pusat penyebaran pandemi bisa jadi ada di RS.

    Tips di atas memang tepat untuk dipahami dan dilaksanakan oleh para ibu hamil khususnya dan untuk publik pada umumnya.

    ReplyDelete
  11. Lumayan beresiko ya hamil saat pandemi gini, tapi entah mengapa malah banyak yang hamil. Mungkin efek WFH, ups, hihihi... At least di inner circle saya banyak yang lagi hamil...
    Harus super extra penjagannya untuk para Bumil...

    ReplyDelete
  12. Menjalani pola hidup sehat penting sekali bagi bumil untuk mencegah infeksi Corona ya Sil... oya kl Kemenkes bilang, termasuk pola hidup sehat, selain menjaga pola makan juga selalu menerapkan gaya hidup yang aktif ya. Bumil tetap bisa berolahraga ya kann

    ReplyDelete
  13. Hamil selagi pandemi covid berat menurutku, gak bisa sering2 kontrol ke dokter. kalaupun ke dokter serangkaian aturan harus kita terapkan biar bumil tetap terasa nyaman dan bebas dari covid

    ReplyDelete
  14. Kalo lagi hamil anak pertama saat Corona, perasaannya campur aduk ya kan Mak..
    Senang sekaligus khawatir. Tapi kalo semua langkah kesehatan di atas dijalani insyaAllah aman dan nyaman selama hamil di masa pandemi.

    ReplyDelete
  15. Menjadi hamil selama masa pandemi ini tantangan tersendiri ya, sedih dengar kabar banyak wanita hamil saat partus agak kesusahan sewaktu melahirkan dg protokol kesehatan yang ada

    ReplyDelete
  16. waaah smoga buat yg blm hamil jg tetep menjalankan protokol kesehatan ya kak. sehat2 terus, lancar lahirannya ❤️

    ReplyDelete
  17. Silviaaa tips rendaman kurma yg engko kasi tau sejak awal aku hamil kemaren, very helpful😍 thanks ya

    ReplyDelete