Tumbuh Kembang Optimal dengan Bahagia : Nestle Lactagrow-Grow Happy

Assalamualaikum...apa kabar teman-teman..? Tentu semua punya kabar baik yang membahagiakan yaa...aamiin..

 Saya mau berbagi cerita pada tgl 7 agustus 2019 kemaren..alhamdulillah saya diberi kesempatan menghadiri event nestle lactagrow dengan tema "dukung kesehatan dan kebahagiaan anak dengan pola asuh grow happy bersama Nestle Lactagrow"




Apa sih nestle lactagrow itu? Nestle lactagrow merupakan produk susu pertumbuhan anak untuk satu tahun ke atas..dan mereka memang setiap tahun mengadakan workshop "grow happy parenting" kenapa harus happy parenting? Yaa karena sebelum membuat anak bahagia orangtuanya harus bahagia terlebih dahulu..

Acara ini dipandu oleh mc cantik fariza zee yang mengatakan bahwa grow happy from the  inside  out..yaa kita harus bahagia luar dalam ga boleh setengah-setengah๐Ÿ˜

Acara ini diawali dengan pembicara cantik dari brand executive Nestle Lactagrow Mba Pramudita Sarastri, dia mengatakan bahwa tema workshop ini dipilih karena lactagrow percaya bahwa  agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal orang tua perlu memenuhi gizi dan membantu mematangkan kematangan emosi anak dan kebahagiaan merupakan peran penting untuk tumbuh kembang..

arti kebahagiaan bagi anak apa sih? Kebahagiaan bagi anak berasal dari keluarga, lingkungan yang harmonis, orangtua yang terlibat dengan keseharian si anak serta orangtua yang selalu meluangkan waktu untuk anak. Makanya itu orangtua harus bahagia terlebih dahulu baru deh anaknya bahagia, setuju kan๐Ÿ˜‰

Oya kebahagiaan itu bisa dilatih sejak kecil loh untuk tumbuh kembangnya ketika dewasa jadi seperti istilah "Happiness not is a given, to grow happy is a choice, we make every day" kira-kira gitulah yaa englishnya..jadi salah besar kalau dibilang kebahagiaan adalah pemberian atau hadiah, dan untuk tumbuh kembang dengan bahagia itu adalah pilihan dan kita bisa buat itu setiap hari.

Nah...tidak hanya sampai disitu ada juga pemaparan dari dokter anak    yaitu Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) yang mengatakan bahwa "Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal" jadi agar anak happy kita harus dukung optimal tumbuh kembang anak dan nutrisi anak di lengkapi serta orangtua juga happy๐Ÿ˜€๐Ÿ˜


Oya ada penelitian bahwa stimulasi dan nutrisi yang diperoleh 1000 hari pertama kehidupan merupakan kesempatan emas anak-anak untuk tumbuh kembang secara maksimal.. di mulai dari masa kehamilan, umur 1 dan 2 tahun. Masalahnya disini adalah usus anak belum matang (imatur) sehingga membuat bakteri berkesempatan untuk masuk sehingga anak rentan terkena infeksi., kalau sudah kena infeksi maka anak akan kehilangan waktu kesempatan tumbuh kembang secara maksimal..hilang deh kesempatan 1000 hari pertama tadi, sayang banget kan. kira- kira gambar dibawah inilah yang menggambarkan perbedaan usus sehat yang sudah optimal dan yang masih imatur...
 


Bapak Hippocrstes yang selama ini dikenal sebagai bapaknya dunia kesehatan pernah bilang bahwa "semua penyakit dimulai dari dalam usus" jadi usus ini lah yang mempunyai peran untuk sehat dan sakitnya si anak..oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nitrisi dapat terserap dengan baik.. probiotik itu merupakan mikroorganisme hidup, yang diatur jumlahnya hingga cukup dan memberi manfaat untuk kesehatan..jadi saluran pencernaan merupakan sistem pertahanaan tubuh yang cukup besar..saluran pencernaan merupakan sistem pertahanan 60-70% merupakan imunitas seluler luas permukaannya itu seperti lapangan tenis seluas 300 m2, isinya 100 milyar bakteri terdiri dari bakteri baik (gunanya untuk menjaga kekebalan tubuh, mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang baik)dan opputurnistik (tinggal dengan tenang dan diam jika bakteri baik lebih banyak, jika bakteri baik sedikit maka dia akan menguasai dan kita jadi sakit) 

Probiotik ini bisa didapat dari susu, yogurt, tahu, tempe, kimchi, makanan fermentasi, kefir, kobucha (teh korea), probiotik alami dapat berasal dari buah-buahan.. makanan ini sebagai perantara untuk membantu bakteri baik melewati saluran cerna.. bakteri baik yang disebut probiotik ini adalah  Lactobacillus reuteri yang selalu baik karena dia mempunyai kelebihan sebagai berikut :
  • Lactobacillus reuteri  mempunyai ph 1-11, kalau kita asam lambung ph kita 2 jadi..bakteri ini dapat bertahan melewati asam lambung
  • Lactobacillus reuteri dapat  menempel di epite4lium untuk interaksi probiotik sehingga bakteri jahat tidak bisa masuk
  • Lactobacillus reuteri  juga bermanfaat untuk mempersingkat durasi diare akut
  • membantu mengatasi konstipasi
  • baik untuk kolik bagi bayi
  • menghasilkan vitamin b12 untuk perkembangan otak (santos et,all. 2008) maka dari itu probiotik juga bagus untuk kecerdasan otak.
  • probiotik secara paralel menurunkan pelepasan kortisel karena stress, kecemasan dan perilaku depresi maka dari itu dapat mengubah suasana hati/mood.
Kira-kira beginilah gambaran dari bagaimana probiotik mempengaruhi fungsi kognitif..lihat dibawah ini yaa..


wait...tidak hanya membahas tentang kesehatan anak..di acara ini juga membahas dari segi psikologis dan dipaparkan oleh psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC yang biasa dipanggil "Lizi" psikolog lizi mengatakan bahwa kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan memperaktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur, anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia...maka orangtua sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak seperti olahraga bersama, main bersama karena membiasakan hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik. jadi orangtua yang sayang anak itu harus ada konsep pendidikan idalamnya tidak sembarangan menuruti semua kemauan anak, harus selalu hadir, nutrisi diperhatikan tidak makan sembartangan sehingga pencernaannya baik. tapi di inonesia jarang orangtua hadir dan terlibat dengan anak.



memaksimalkan anak lebih bahagia dengan cara :
  • Mempersiapkan masa depan anak ini bisa secara finansial, kesehatan dan yang paling penting investasi waktu buat anak
  • kebahagiaan penting sebagai dasar kemampuan bersosialisasi (empati, caring, komunikasi efektif)
  • stimulasi perkembangan otak mudah menyerap informasi dan hasil akademik yang lebih baik
Kewajiban dan Peran Orangtua kepada anak :
  •  ibu mengajarkan kasih sayang
  • ayah mengajarkan percaya diri, keberanian, kerja keras, kegigihan, pengambil keputusan
Jadi jika sosok ayah atau ibu itu kurang terhadap anak bisa menyebabkan LGBT, dan Homo seram banget kan๐Ÿ˜ฑ

Kenapa ketika anak tumbuh kembang kebahagiaan anak itu penting ?? karena seorang anak yang dicintai dan memiliki pola asuh yang baik sejak dini, akan memiliki hippocampus 10% lebih besar (bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori, respon terhadap stress) jadi masa kecil yang dipenuhi cinta orangtua adalah masa kecil yang bahagia dan kesehatan emosional atau kebahagiaan di masa kecil adalah hal yang paling tepat untuk memprediksi kepuasan hidup dan menjadi orang dewasa yang baik, hal ini merupakan hal yang paling berpengaruh dibanding hal lainnya seperti prestasi, pekerjaan ataupun kekayaan,,

Sooo...Kebahagiaan itu Tanggung Jawab Sendiri bukan orang lain atau pasangan...jadi, tugas pasangan apa donk? kalau tidak buat bahagia?? tugasnya membuat lebih bahagia..jadi ga boleh menyalahkan orang lain lagi atau siapapun baik itu, orangtua, keluarga, pasangan kalau kita ga bahagia..ga boleh ada kata-kata karena kamu..karena bahagia itu kita sendiri yang ciptakan dan itu sekali lagi tanggung jawab kita terhadap diri kita sendiri..

bahagia itu menular loo..jadi kita bisa menebarkan kebahagiaan dimana saja dan kesiapa saja..jadi jangan menyerah yaa tetaplah selalu bersemangat untuk berbahagia...

Masa kritis anak itu sampai umur 14 tahun, jadi jangan sia-siakan yaa teman-teman..

orangtua harus tau konsep dasar tumbuh kembang anak baik secara fisik dan psikis, dampaknya itu terjadi ketika anak dewasa..maka kita harus investasi keterlibatan waktu untuk anak, pasangan dan keluarga. kita tau harus esensi kebahagiaan dan kenyamanan karena bahagia adalah magnet karir terbesar..

Manfaat Kebahagiaan untuk Anak :
  • Kesadaran diri lebih baik
  • Manajemen diri lebih baik
  • Kesadaran Sosial lebih baik
  • Kemampuan sosial lebih baik
  • kemampuan mengambil keputusan  lebih baik
Membesarkan anak agar tumbuh bahagia dengan cara:
  • Makan-makanan bergizi tepat waktu --butuh probiotik (memberikan rasa RYTHM dan regularitas dalam kehidupan, secara psikologis dapat membangkitkan perasaan damai dan aman. rutinitas yang sehat diaktu makan dapat memicu energi dan pertumbuhan sekaligus menjaga anak tetap tenang dan puas karena metabolistik yang baik)
  • punya waktu bermain  dan eksplorasi dengan anak (ada feed back,  meningkatkan kebahagiaan, baik untuk tumbuh kembang anak secara fisik dan mental, meningkatkan kemampuan kognitif melalui eksplorasi dan kreativitas, serta memahami cara kerja dan dunia sekitar)
  • ekspresi emosi yang positif (6 level senyum: 1-3 gigi tidak terlihat, 4 gigi terlihat, 5 tertawa lebar)--manfaatnya perubahan positif dalam aspek emosi anak, meningkatkan energi anak, meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan kebahagiaan pada saat anak dewasa, anak menjadi optimis dan empati.
  • cukup waktu tidur
  • berikan cinta tanpa syarat (turunkan ego)
  • antusias saat mendengar (active listening, pake feed back, tanya anak terus sampai bisa curhat, beri penghargaan, berikan rasa ingin tahu dan ambil kesimpulan dari yang dibicarakan)
Latihannya dengan cara
  • menanyakan kepada anak setiap hari "Ada kabar baik apa hari ini?? 
  • ekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari orangtua kepada anak ini bisa dengan bermain "mengapa begini dan mengapa begitu"
  • tiap hari tulis kalimat pada hari itu hal apa yang kita atau anak syukuri masukkan kedalam toples
  • eksplorasilah kita sebagai orangtua untuk cari bahan bermain dengan anak
Nah begitulah cerita saya, menghadiri  acara Nestle Lactagrow - Grow Happy..itulah keseruannya mendapatkan banyak informasi..dan ketemu teman-teman baru dan lama...๐Ÿ˜ nantikan cerita saya selanjutnya yaaa....jangan lupa bahagia dan bersyukur..keep smile..love you all...๐Ÿ˜Š






25 komentar

  1. Yes.. Kebahagiaan itu tanggung jawab kita sendiri..
    Jadi setia mungkin untuk tetap happy di keadaan apapun..
    setuju...

    BalasHapus
  2. akhirnya singgah juga di rumah maya kak Silvina. adem ^^
    btw, segitu banyak materi acaranya bias terangkum di sini, mantap kak. moga ilmunya berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..makasih yaa mak udah singgah dirumah ini

      Hapus
  3. Yeaayy Grow Happy Parenting siap untuk diterapkan di rumah ya Sil, ❤️❤️

    BalasHapus
  4. Moga2 kita bisa ketemu lagi di acara yang lain ya mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..senang deh bisa kopdar kita mak

      Hapus
  5. Mari kita menularkan Kebahagiaan ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. "..untuk tumbuh kembang dengan bahagia itu adalah pilihan dan kita bisa buat itu setiap hari.." yes, ini bener sekali kak buatlah anak tumbuh dgn bahagia dgn cara kita sendiri :)

    BalasHapus
  7. Setuju....kalau anak bahagia...bisa belajar banyak hal

    BalasHapus
  8. Duh, kurangnya bonding antara anak dan org tua bisa sampai jadi pemicu perilaku memyimpang.. Serem memang ya kak..

    BalasHapus
  9. tips nya mantul kak. siap dipraktekin langsung dirumah. tapi sekedar bertanya, kira-kira probiotik itu kalau diberikan pada annak dibawah 5 bulan baik gk kak ya?dan gmn cara pemberiannnya. kebetulan aku punya probiotik buat anak ku yang masih bayi (umur dibawah 5 bulan). bingung ngasih probiotiknya kayak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih boleh kalau kurang ada dia bentuk cairan bisa dibaca di ulasan saya berikut ini mak http://www.glowsyana.com/2018/10/ingin-saluran-pencernaan-sehat-konsumsi.html , tapi biasanya probiotik itu sudah ada dalam kandungan susu dan asi kalau untuk anak baby sih...

      Hapus
  10. Wah bermanfaat sekali kak. Thanks for sharing..

    BalasHapus
  11. Makasihhh kak sharing nya
    Noted banget yaa
    Bekal kalau udah jadi ibu nanti,
    Emaknya harus happy dulu baru anaknya ๐Ÿ’•

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup una... sebelum jadi ibu bagus banget ky una banyak belajarnya..

      Hapus
  12. Salfok banget sama bajunya biru biru kaaak.. cantik cantik

    Oh ya setuju banget,bahagia itu tanggung jawab kita sendiri. Kalau ibu bahagia,anak pasti ikut kebawa yaa. Pengalaman jg ini aku

    BalasHapus
  13. Bener sih mbak, kalo dari pengalaman sebelumnya sih unsur Probiotik memang manjur jika ada masalah dengan usus.

    BalasHapus